PELAKSANAAN KURIKULUM PESANTREN DI MAS AS’ADIYAH PUTRI SENGKANG KABUPATEN WAJO

YUSNA RAMADAYANI (2022) PELAKSANAAN KURIKULUM PESANTREN DI MAS AS’ADIYAH PUTRI SENGKANG KABUPATEN WAJO.

[img] Text
SKRIPSI_YUSNA RAMADAYANI_1743041021 fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal_YUSNA RAMADAYANI_1743041021.pdf

Download (461kB)

Abstract

YUSNA RAMADAYANI, 2021. Pelaksanaan Kurikulum Pesantren di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Ansar, M.Si dan Dr. Muh. Ardiansyah, S.IP, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan kurikulum pesantren di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan, faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan kurikulum pesantren di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Kurikulum Pesantren di MAS As'adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo terbagi menjadi 2 sistem pembelajaran yaitu (1) Pelaksanaan kurikulum pesantren tingkat pesantren dimana santri yang memilih mondok mendapatkan pembelajaran pesantren melalui 6 kitab kuning yang diajarkan pada kegiatan pengajian khalaqah. Pengajian khalaqah ini pada dasarnya kegiatan kokurikuler (kegiatan memperdalam materi dari pembelajaran intra). Namun, menjadi inti atau pokok pembelajaran bagi siswa yang mondok. (2) Pelaksanaan kurikulum tingkat semi-pesantren dimana santri yang memilih tidak mondok mendapatkan pembelajaran pesantren 1x45 menit per minggu dari mata pelajaran kurikulum pesantren melalui celah muatan lokal pada kurikulum nasional di pagi hari. Proses pembelajaran pesantren di pagi hari merupakan kegiatan intrakurikuler seluruh siswa MAS As’adiyah Putri Sengkang baik yang mondok ataupun tidak. Namun, pembelajaran intrakurikuler menjadi inti/pokok materi pesantren bagi siswa yang tidak mondok.. Faktor pendukung pelaksanaan kurikulum pesantren di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo diantaranya, Tingginya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke MAS As'adiyah Putri Sengkang, Latar belakang pendidikan guru yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampuh, dan Bimbingan Al-mifta. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan kurikulum pesantren di MAS As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo adalah Keterbatasan alokasi waktu, Kurangnya kosa kata Bahasa Arab yang dimiliki beberapa santri, dan Keterbatasan buku paket. Kata Kunci: Pelaksanaan, kurikulum, pesantren

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:51
Last Modified: 04 Jul 2022 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23634

Actions (login required)

View Item View Item