AGUNG SIO KHALIK (2022) PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 NGGULANGGULA KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN.
Text
Skripsi _ Agung Sio Khalik _ 1743041022.pdf Download (4MB) |
|
Text
LOA AGUNG SIO KHALIK.pdf Download (211kB) |
|
Text
Jurnal Agung Sio Khalik _ 1743041022.pdf Download (355kB) |
Abstract
AGUNG SIO KHALIK, 2022. Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran di SD Negeri 1 Nggulanggula. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Ansar, M.Si dan Syamsurijal Basri, S.Pd,. M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Nggulanggula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat dari pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Nggulanggula disesuaikan dengan kebutuhan dan materi yang disampaikan dalam kelas mulai dari penggunaan alat pelajaran, alat peraga dan media pelajaran sehingga memudahkan siswa memahami materi pelajaran. Selain itu, guru juga memanfaatkan ruang kelas sebagai tempat kegiatan pembelajaran teori dan praktek yang tidak memerlukan peralatan khusus serta menjadikan perpustakaan sebagai tempat untuk mencari referensi bacaan dan mencari bahan pustaka untuk menyelesaikan tugas. Pemanfataan sarana dan prasarana dalam pembelajaran disesuaikan dengan jadwal yang telah disusun oleh pihak sekolah untuk menghindari terjadinya benturan pemakaian seperti penyusunan jadwal atau roster pelajaran disetiap kelas. (2) Faktor pendukung pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran diantaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana, perawatan sarana dan prasarana secara berkala, kerjasama yang baik antara guru dan siswa, antusias siswa dan kemantapan guru dalam pemanfaatan sarana dan prasarana pada proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kualitas sumber daya manusia, karateristik siswa yang berbeda-beda, cuaca yang kurang bersahabat ketika melakukan praktek di lapangan dan siswa tidak membawa buku paket pada saat berlangsungnya proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Pemanfaatan, Sarana dan Prasarana, Pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 01:47 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 01:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23623 |
Actions (login required)
View Item |