STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA KATOLIK CENDRAWASIH MAKASSAR

ONESIMUS ADIL (2022) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA KATOLIK CENDRAWASIH MAKASSAR.

[img] Text
Artikel_Onesimus Adil_1643041001.pdf

Download (402kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana startegi kepemimpinan kepala sekolah serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambatnya dalam upaya meningkatan kinerja guru di SMAK Cendrawsih Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunujukan beberapa strategi yang diterapkan kepala sekolah di SMAK Cendrawasih Makassar dalam meningkatan kinerja guru yaitu; Startegi pendidikan dan pelatihan; yaitu dengan dilakukan seminar pendidikan, workshop, atau pelatihan-pelatihan IT dan kegiatan supervisi serta pembentukan team teaching, guru bidang studi, claas grouping, dan bimbingan ujian nasional. Startegi faslitatif; melalui pengadaan buku-buku yang relevan, laptop, proyektor, dan media-media pembelajaran lainnya. Startegi persuasif; melalui komunikasi yang baik dan positif dengan seluruh tenaga pendidik, mendorong guru-guru untuk selalu terlibat dalam setiap pengambilan keputusan atau merumuskan kebijakan, mendorong guru-guru untuk selalu menggali informasi-informasi baru untuk proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta memberikan bimbingan individu kepada guru-guru. Startegi pemberdayaan; melalui pemberian kesempatan kepada guruguru untuk mengadakan studi lanjut atau mengejar profesi, mengadakan program studi banding untuk guru-guru baik skala lokal, nasional maupun internasional. Adapun faktorfaktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu adanya kerjasama yang baik dengan Yayasan, kerja sama yang baik antar kepala sekolah dengan tenaga pendidik, kelengkapan fasilitas sekolah yang cukup memadai sebagai penunjang dalam proses pembelajaran, dan sekolah menjalin kemitraan dengan sekolah-sekolah katolik lainnya baik yang berada di luar maupun dalam kota serta menajalin hubungan baik dengan para-para alumni. Sementara itu, faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja yaitu pandemik global seperti (covid-19), keraguan kepala sekolah dalam memimbing guru-guru senior, dan adanya guru-guru yang belum mahir mengunakan media-media pembelajaran yang berbasis teknologi. Kata kunci: Startegi, Strategi Kepemimpinan, Kinerja Guru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jun 2022 00:58
Last Modified: 28 Jun 2022 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23591

Actions (login required)

View Item View Item