Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah di SMA Negeri 6 Makassar Principal Transformative Leadership at SMA Negeri 6 Makassar

NURUL ANNISA (2022) Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah di SMA Negeri 6 Makassar Principal Transformative Leadership at SMA Negeri 6 Makassar.

[img] Text
Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di SMA Negeri 6 Makassar.pdf

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gambaran kepemimpinan transformatif kepala sekolah SMA Negeri 6 Makassar serta faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapat gambaran terkait kepemimpinan transformatif kepala sekolah SMA Negeri 6 Makassar serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMA 6 Kepala merasa percaya diri dalam kepemimpinannya dengan memastikan bawahannya bekerja sesuai dengan tupoksinya dan mengikuti arahan yang ada. Kepala Sekolah SMA 6 Makassar juga dihormati oleh para bawahannya karena kedisiplinan waktunya dan tidak membeda-bedakan perlakuannya kepada bawahannya.. Kepala sekolah SMA Negeri 6 Makassar juga selalu memberikan motivasi kepada bawahannya untuk terus memperbaharui ilmu yang dapat menunjang penyelesaian tugasnya. Salah satu motivasinya ialah dengan memberikan keteladanan yang dapat ditiru oleh bawahannya. Selain itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Makassar mampu mendorong atau menstimulasi para bawahannya selalu kreatif dan inovatif tanpa harus takut dikritik oleh kepala sekolah karena perbedaan ide-ide tersebut. Dalam menyelesaikan permasalahan di sekolah, Kepala sekolah SMA Negeri 6 Makassar mengadakan rapat kerja untuk menampung solusi dari semua pihak. Faktor pendukung kepemimpinan transformatif kepala sekolah SMA Negeri 6 Makassar ialah keterbukaan informasi dan sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Adapun faktor penghambatnya ialah perlunya pembaharuan kemampuan/skill para sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini guru-guru SMA 6 Makassar. Kata Kunci: kepemimpinan, transformatif, kepala sekolah

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jun 2022 00:54
Last Modified: 28 Jun 2022 00:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item View Item