Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di SMP Negeri 2 Liliriaja The Effectiveness of Online Learning at SMP Negeri 2 Liliriaja

Fauzia Furbasari (2022) Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di SMP Negeri 2 Liliriaja The Effectiveness of Online Learning at SMP Negeri 2 Liliriaja.

[img] Text
Jurnal Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di SMP Negeri 2 Liliriaja.pdf

Download (656kB)

Abstract

enelitian ini mengkaji tentang gambaran dan faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas pembelajaran dalam jaringan (daring) di SMP Negeri 2 Liliriaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas pembelajaran dalam jaringan (daring) di SMP Negeri 2 Liliriaja. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Liliriaja dapat tergambar dari peran yang dijalankan kepala sekolah dalam pembelajaran daring yakni menetapkan model pengelolaan satuan pendidikan, melakukan pembinaan dan pemantauan kepada guru, dan berkoordinasi dengan orang tua/wali siswa. Kemudian, guru berperan dalam memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan materi dengan baik, melakukan interkasi tanya jawab, dan memberikan umpan balik kepada siswa. Adapun orang tua memfasilitasi anak sebagai peserta didik dengan HP dan kuota agar dapat mengikuti pembelajaran secara daring. Fasilitas yang tersedia dalam mendukung pembelajaran daring di sekolah adalah adanya lab komputer sekolah, namun belum dapat difungsikan dengan baik. Pada proses pembelajaran menggunakan metode penugasan melalui aplikasi Whatsapp dan memanfaatkan berbagai sumber belajar dari buku, internet dan youtube. Dalam melakukan penilaian, guru tetap mengupayakan penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Faktor pendukungnya, guru dan siswa difasilitasi dengan kuota internet dari sekolah maupun pemerintah dan orang tua memfasilitasi siswa dengan HP sehingga siswa dapat terhubung dalam pembelajaran daring. Faktor penghambatnya, kurangnya kesadaran warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring, guru tidak membuat RPP khusus daring, keluhan orang tua dalam mendampingi peserta didik ditengah sibuknya rutinitas dan kualiatas jaringan yang minim. Kata Kunci: Pembelajaran Dalam Jaringan, Efektivitas

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:09
Last Modified: 27 Jun 2022 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23588

Actions (login required)

View Item View Item