Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama

Afdalia, Afdalia and Arsyad, Muhammad and Arafah, Kaharuddin (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama. In: Seminar Nasional Fisika PPs UNM.

[img] Text
Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Hasil telaah kedua pakar.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/semnasfisika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq untuk peserta didik SMP yang valid; (ii) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq SMP; (iii) mendeskripsikan respon guru terhadap penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq SMP; (iv) mengukur efektifitas penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq untuk peserta didik SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini diimplementasikan di SMP Negeri 2 Tinambung kelas VIII A. Pengumpulan data dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD), penilaian pakar, kuesioner dan tes hasil belajar, kemudian selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan validasi pakar melalui uji Gregory. Sehingga modul ini layak digunakan dalam pembelajaran IPA Fisika. Implementasi modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq dalam proses pembelajaran mendapat nilai respon positif dari peserta didik ditinjau dari segi penggunaannya. Selain itu, modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq mendapat nilai respon sangat positif dari guru ditinjau dari kebermanfaatan modul dalam proses pembelajaran. Analisis tes hasil belajar peserta didik menunjukkan efektivitas penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq tergolong efektif dengan kategori sangat baik. Kebermaknaan efektif dengan kategori sangat baik menyatakan keberhasilan penggunaan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq berdasarkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Perolehan hasil belajar yang mencapai ketuntasan sebanyak 76% peserta didik memaknai keefektifan modul pembelajaran IPA Fisika berbasis kearifan lokal Sandeq dari segi penggunaannya dalam proses pembelajaran. Kata kunci: modul pembelajaran, kearifan lokal, Sandeq

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Dr. Kaharuddin Arafah
Date Deposited: 29 Jun 2022 11:55
Last Modified: 29 Jun 2022 11:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23574

Actions (login required)

View Item View Item