Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Fisika Didik Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar

Al Munawwarah, Azhar and Arafah, Kaharuddin (2018) Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Fisika Didik Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 4 (1). pp. 11-15. ISSN 2548-6373

[img] Text
ENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 8 MAKASSAR.pdf

Download (784kB)
[img] Text
Penilaian pakar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/6331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode konvensional dan juga metode diskusi kelompok serta analisis perbedaan keduanya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Makassar pada kelas XI IPA semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode diskusi kelompok dan variabel terikatnya adalah hasil belajar fisika. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan posttest yang dianalisis secara deskriptif dan infrensial berupa uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 8 Makassar yang diajar menggunakan metode diskusi kelompok berada pada kategori baik dengan persentase 59,38% dan yang diajar dengan metode konvensional berada pada kategori baik dengan persentase 46,67%. Hasil pegujian hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional. Kata kunci : Metode diskusi kelompok, hasil belajar fisika.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr. Kaharuddin Arafah
Date Deposited: 29 Jun 2022 11:07
Last Modified: 29 Jun 2022 11:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item