Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Menyelesaikan soal-soal Fisika Kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng

Riwanto,, Dedi and Azis, Aisyah and Arafah, Kaharuddin (2019) Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Menyelesaikan soal-soal Fisika Kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15 (2). pp. 23-31. ISSN 2548-6373

[img] Text
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA KELAS X MIA SMA NEGERI 3 SOPPENG.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Penilaian pakar.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ocs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/11033

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif deskriptif menggunakan desain Survey yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng pada materi getaran harmonis. Subjek penelitian adalah kelas X MIA 3 sebanyak 21 siswa dan kelas X MIA 4 sebanyak 19 siswa di SMAN 3 Soppeng. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes pemahaman konsep berupa post tes dalam bentuk pilihan ganda. Data dianalisis secara statistik deskriptif, diperoleh persentase pemahaman konsep setiap indikator secara berturut-turut adalah menafsirkan 75%, mencontohkan 73%, mengklasifikasikan 26%, membandingkan 14%, dan menjelaskan 61%. Berdasrkan hal ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng yang paling dominan adalah indikator menafsirkan dan berada pada kategori tinggi sedangkan yang sangat tidak dominan adalah indikator membandingkan dan berada pada kategori sangat rendah. Faktor yang menyebabkan pemahaman konsep peserta didik rendah yaitu, kurangnya minat dan motivasi peserta didik untuk mengulang materi yang telah dipelajari, terbiasa belajar dengan menghafal rumus, belum mampu memanipulasi persamaan yang mengandung tiga variabel dan kurang teliti dalam memahami soal. Kata kunci : Pemahaman konsep fisika, getaran harmonis.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
FMIPA
Depositing User: Dr. Kaharuddin Arafah
Date Deposited: 29 Jun 2022 12:03
Last Modified: 29 Jun 2022 12:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23557

Actions (login required)

View Item View Item