Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima

FUADI, MUHAMMAD and Arsyad, Muhammad and Arafah, Kaharuddin and Asriyadin, Asriyadin (2021) Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan MIPA, 10 (2). pp. 116-121. ISSN 2088-0294

[img] Text
Pengaruh Model Learning Cycle5E.....pdf

Download (256kB)
[img] Text
Hasil telaah kedua pakar.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/articl...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan The Randomized Postest-Only Control Group Design, yang bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E dengan model konvensional pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bima. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E sebesar 120.48 dan standar deviasi 6,178 dan skor rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E sebesar 21,90 dan standar deviasi 3,59. Sedangkan skor rata-rata motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar secara konvensional 116,38 dan standar deviasi 5.696 dan skor rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional 18,90 dan standar deviasi 3,93. Analisis inferensial menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan kesimpulan bahwa 1) Terdapat perbedaan Motivasi belajar fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan model konvensional peserta didik pada kelas XI IPA SMAN 2 Bima; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan model konvensional peserta didik pada kelas XI IPA SMAN 2 Bima. Kata Kunci: Model Learning cycle 5E, Konversional, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr. Kaharuddin Arafah
Date Deposited: 29 Jun 2022 11:06
Last Modified: 29 Jun 2022 11:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23542

Actions (login required)

View Item View Item