Pelaksanaan Tugas Pokok Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Implementation of the principal duties of school supervisors in improving the quality of learning

Nurul Annisa, (2022) Pelaksanaan Tugas Pokok Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Implementation of the principal duties of school supervisors in improving the quality of learning.

[img] Text
JURNAL NURUL ANNISA_1743042030.pdf

Download (462kB)

Abstract

Peneliti ini mengkaji Pelaksanaan Tugas Pokok Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan tugas pokok pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ditinjau dari pengawasan akademik mulai dari pembinaan, pemantauan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan di SD Kecamatan Somba Opu Kab. Gowa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan tugas pokok pengawas sekolah pada aspek pembinaan dilakukan dengan membina guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, metode pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran secara kolektif . Pada aspek pemantauan tugas pokok pengawas sekolah dilakukan dengan memantau proses pembelajaran yang didasari pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang ada. Pada aspek penilaian kinerja guru dilakukan pada akhir tahun pengajaran dengan indikator berupa penerapkan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Pengawas sekolah SD melakukan pembimbingan dan pelatihan dilaksanakan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan secara langsung dengan membimbing guru secara terjadwal setiap dua kali dalam satu tahun, kemudian pendekatan secara tidak langsung dilakukan dengan menghimbau guru-guru mengikuti KKG. Adapun faktor pendukung yaitu adanya program dalam bentuk kegiatan KKG, dan anggaran. Sementara faktor penghambatnya yakni lemahnya daya dukung dari kepala sekolah. Kata Kunci: Tugas pokok pengawas sekolah, Pengawasan akademik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:28
Last Modified: 24 Jun 2022 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23518

Actions (login required)

View Item View Item