IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING JURUSAN ADMINISTRASPENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19

ANDI TENRI ABENG (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING JURUSAN ADMINISTRASPENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19.

[img] Text
SKRIPSI ANDI TENRI ABENG AP FIP UNM.pdf

Download (9MB)

Abstract

Andi Tenri Abeng, 2021. Implementasi Pembelajaran Daring Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Tegah Pandemi Covid-19. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd dan Andi Wahed, S.Pd., M.Pd ; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji Implementasi Pembelajaran Daring Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Tegah Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potret pelaksananaan pembelajaran daring mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM. Pendekatan Penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) UNM menyediakan fasilitas untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran daring berupa: (a) Aplikasi LMS bernama Syam-Ok dan, (b) Pelatihan/refreshment kepada dosen-dosen mengenai tata cara penggunaan LMS, (2) Proses pembelajaran daring yang berlangsung pada jurusan ini tidak jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka, yang menjadi pembeda hanya metode, media, dan strategi yang digunakan. Penerapan Syam-Ok sesuai pedoman oleh beberapa dosen AP sudah maksimal memanfaatkan resource yang tersedia dalam Syam-Ok. Namun, masih ada beberapa dosen memilih menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, dan Zoom yang dianggap lebih efisien dibandingkan Syam-Ok. (3) Evaluasi pembelajaran yang diberikan yaitu: (a) Evaluasi formatif berupa kuis, penugasan, responsi dan essai yang bertujuan mengukur ketercapaian CPMK dari topik yang dibahas, dan (b) Evaluasi sumatif berupa soal studi kasus, menyimpulkan isi video, pembuatan makalah, dan essai yang dilakukan secara daring. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Covid-19, Syam-Ok

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:03
Last Modified: 24 Jun 2022 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item