PELAKSANAAN MANAJEMEN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DI UPT SMK NEGERI 1 BULUKUMBA IMPLEMENTATION OF SUSTAINABLE PROFESSIONAL DEVELOPMENT MANAGEMENT IN UPT SMK NEGERI 1 BULUKUMBA

ALIM IKMAL JAMAL (2022) PELAKSANAAN MANAJEMEN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DI UPT SMK NEGERI 1 BULUKUMBA IMPLEMENTATION OF SUSTAINABLE PROFESSIONAL DEVELOPMENT MANAGEMENT IN UPT SMK NEGERI 1 BULUKUMBA.

[img] Text
JURNAL_ALIM IKMAL JAMAL_(1743042003).pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gambaran pelaksanaan manajemen sekaligus faktor pendukung dan penghambat pengembangan keprofesian berkelanjutan di UPT SMK Negeri 1 Bulukumba. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan manajemen; perencanaan, implementasi, evaluasi dan faktor pendukung penghambat pengembangan keprofesian berkelanjutan di UPT SMK Negeri 1 Bulukumba. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif format deskriptif . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan PKB meliputi evaluasi untuk mengetahui kemampuan guru, implementasi PKB dengan menindaklanjuti hasil dari evaluasi kemudian diikutsertakan dalam program diklat dan workshop, evaluasi PKB dengan menilai dari hasil pelatihan oleh kepala sekolah dan pengawas. Adapun 3 komponen / unsur PKB pengembangan diri dengan mengikuti diklat dan workshop, publikasi ilmiah belum sempurna dalam penulisan terkendala oleh minimnya pengetahuan tentang penulis karya ilmiah dengan baik dan benar, karya inovatif dengan pembuatan bahan ajar, silabus dan RPP. Adapun faktor pendukung dan penghambat yakni fasilatas sekolah menunjang, faktor penghambat yakni guru tidak sadar kompetensi apa yang kurang dari dirinya, waktu pelaksanaan PKB dengan waktu pembelajaran di kelas, dan beberapa guru belum fasih dalam penggunaan informasi teknologi dan komputer. Sehingga berupaya untuk terus melakukan motivasi terhadap guru-guru, selalu mengembangkan diri dan upaya harus dilakukan adalah guru-guru perlu upaya berkelanjutan dengan bentuk pelatihan informasi teknologi dan komputer. Kata Kunci: Pelaksanaan Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:55
Last Modified: 24 Jun 2022 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23512

Actions (login required)

View Item View Item