MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI SMK TELKOM MAKASSAR

RESKI AMALIA (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI SMK TELKOM MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-RESKI AMALIA-1643042008-AP.pdf

Download (470kB)

Abstract

Reski Amalia, 2020. Manajemen pembelajaran berbasis IT di SMK Telkom Makassar. Dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd dan Andi Wahed, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran berbasis IT di SMK Telkom Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran manajemen pembelajaran berbasis IT di SMK Telkom Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Mileas dan Huberman, yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gambaran manajemen pembelajaran berbasis IT di SMK Telkom Makassar, terdiri dari 3 jenis bentuk manajemen pembelajaran yaitu daring, blended learning, dan luring. Pembelajaran daring sejak 4 tahun lalu sekolah sudah mempersiapkan sistem pembelajaran daringnya dan efektif digunakan oleh guru selama masa pandemic. Blended learning dipersiapkan sudah sejak dari dulu sebelum pandemic dan sudah pernah berlangsung di beberapa kelas namun belum optimal karena hanya sebagian guru yang sudah melaksanakan pembelajaran dikelas dan melakukan live streaming berjalan secara bersamaan, ada yang mendengarkan diruangan maupun dirumah dan dipadukan dengan lms atau zoom dan bisa juga didalam kelas guru menyuruh siswa untuk membuka smartphone. Sementara luring berbasis teknologi pembelajaran yang ditunjang oleh keberadaan perangkat teknologi yang digunakan dalam pembelajaran secara luring.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:18
Last Modified: 24 Jun 2022 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23506

Actions (login required)

View Item View Item