PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAKINERJA GURU PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN RAPPOCIN KOTA MAKASSAR

SITI HASRI AINUN (2022) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAKINERJA GURU PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN RAPPOCIN KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-SITIHASRIAINUN-2016-AP-FIP-UNM.pdf

Download (801kB)

Abstract

Siti Hasri Ainun, 2020. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbibing oleh Dr. Ansar, M.Si dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru, juga untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran supervisi akademik kepala sekolah pada SMP Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2) untuk mengetahui gamabaran kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini ex post facto dengan jumlah sampel 69 guru ditetapkan dengan Teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen melalui validitas ahli instrumen dengan cara uji coba instrument dengan validasi ahli. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran supervisi akademik kepala sekolah apa pada SMP Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar terlaksana dengan cukup baik dan kecenderungannya berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 89,04, (2) gambaran kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar terlaksana dengan cukup baik dan kecenderungannya pada kategori sedang dengan rata-rata 89,16, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebesar 0.882 dapat diartikan bahwa 88,2% kinerja guru dipengaruhi supervisi akdemik kepala sekolah, sedangkan sisanya 11,8% dipenngaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekola, Kinerja Guru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:15
Last Modified: 24 Jun 2022 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23505

Actions (login required)

View Item View Item