PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA/MA SE- KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN

RIZKI RAMADAN (2022) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA/MA SE- KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN.

[img] Text
ARTIKEL_RIZKI RAMADAN (1643041026).pdf

Download (544kB)

Abstract

Rizki Ramadan, 2020. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pada SMA/MA Se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Skripsi. Dibimbing Oleh Dr. Ratmawati T, M.Pd, Dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menjabarkan tentang pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (2) Untuk mengetahui gambaran kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi profesionalisme guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru SMA/MA se-Kecamatan Siompu. Teknik penentuan sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu 59 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran supervisi akademik kepala sekolah di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori efektif, (2) Gambaran kompetensi professional guru di SMA/MA se-Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh positif sebesar 52,8% antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi profesionalisme guru di SMA/MA seKecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:11
Last Modified: 24 Jun 2022 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23504

Actions (login required)

View Item View Item