IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR

TASMAWATI (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-TASMAWATI-1643041027-AP.pdf

Download (326kB)

Abstract

Tasmawati, 2020. Implementasi Program Literasi Sekolah di SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Wahira, M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar dan faktorfaktor yang mempengaruhi implementasi program literasi sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi sekolah di SMP Negeri 13 Makassar sudah berjalan sesuai dengan pedoman gerakan literasi sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mencakup 3 tahap yaitu pada tahap pembiasaan dilakukan dengan menumbuhkan minat baca peserta didik melalui membaca 15 menit buku non pelajaran dan khusus pada hari jumat dilaksanakan kegiatan baca tulis al-qur’an, pada tahap pengembangan dilakukan pembiasaan yang diikuti dengan tagihan yang bersifat non akademik berupa jurnal literasi yang diisi setiap hari sebagai agenda kegiatan literasi, dan pada tahap pembelajaran ada tagihan yang bersifat akademik. Adapun faktor pendukung kegiatan literasi di SMP Negeri 13 Makassar yaitu komitmen dan kerjasama, sarana dan prasarana, serta pengawasan kegiatan literasi. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program literasi yaitu kurangnya minat baca peserta didik dan kurangnya ketersediaan sumber bacaan. Kata kunci: program literasi sekolah, faktor pendukung dan penghambat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:05
Last Modified: 24 Jun 2022 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23503

Actions (login required)

View Item View Item