KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMP NEGERI 2 BONTONOMPO SELATAN KAB. GOWA

AYU FAJRIANTI (2022) KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMP NEGERI 2 BONTONOMPO SELATAN KAB. GOWA.

[img] Text
Skripsi_Ayu Fajrianti_1643040001.pdf

Download (5MB)

Abstract

AYU FAJRIANTI, 2020. Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kab. Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd dan Dr. Ed. Faridah, ST., M.Sc. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kab. Gowa. Yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kab. Gowa.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kab. Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data peneliti yaitu Pengawas, Kepala Sekolah, 8 Guru yang bersertifikat pendidik dan Siswa, maupun Arsip di lokasi penelitian. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, survei dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display, terakhir adalah tahap verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :Kinerja guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kab. Gowa berdasarkan 4 indikator menghasilkan Kinerja guru bersertifikat pendidik dari aspek perencanaan pembelajaran, tersedianya perangkat pembelajaran seperti Silabus dan RPP akan sangat membantu guru dalam mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu, dimana pembelajaran yang baik hanya dapat diciptakan dari perencanaan yang baik pula, Kinerja guru bersertifikat pendidik dari aspek pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran di kelas sesuai dengan beban kerja minimal guru yang telah mencapai 24 jam per minggu dan kualifikasi akademik guru yang bersertifikat pendidik telah sesuai dengan syarat-syarat yang harus dimiliki guru bersertifikat pendidik, Kinerja guru bersertifikat pendidik dari aspek pelaksanaan pembelajaran dari segi kompetensi pedagogik telah menunjukkan kinerja guru bersertifikat pendidik telah berjalan dengan baik, berdasarkan survei maka menghasilkan rata-rata dari 138 sampel di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan yaitu yang menyatakan sangat setuju 27,9%, setuju 61,66%, tidak setuju 6,28% dan sangat tidak setuju 4,16%, maka berdasarkan hasil survei hal ini terlihat dari banyaknya responden yang menyatakan setuju ada 61,66% atau sebanyak 85 responden dari 138 responden, Kinerja guru dari aspek penilaian hasil pembelajaran menunjukkan penilaian pembelajaran berfungsi untuk mengetahui kemajuan peserta didik. Penilaian pembelajaran sekaligus menjadi instrumen guru dalam mengukur sejauh mana relevansi metode, teknik dan alat bantu yang digunakan, Kinerja guru dari aspek pengawasan proses pembelajaran menunjukkan serangkaian kegiatan tindak lanjut yang dilakukan guru berdasarkan ketiga proses yang sudah terlaksana dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kata Kunci: kinerja guru, sertifikat pendidik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 05:47
Last Modified: 24 Jun 2022 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23501

Actions (login required)

View Item View Item