STUDI MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

FITRA INDASARI (2022) STUDI MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal_Artikel_FITRAINDASARI.pdf

Download (183kB)

Abstract

Fitra Indasari, 2020. Studi Manajemen Layanan Perpustakaan di SMA Negeri 9 Makassar.Skripsi.Dibimbing oleh Dra. Sitti Habibah, M.Si. Dan Drs.M.Bachtiar,M.Si; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian inimengkaji tentang studimanajemen layanan perpustakaandi SMA Negeri 9 Makassar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi layanan perpustakaan di SMA Negeri 9 Makassar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis.Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkanbahwa manajemen layanan perpustakaanyang terdiri dari Perencanaan layanan dengan membuat program kerja yakni pembuatan kartu anggota perpustakaan, pengadaan koleksi bahan pustaka dan pengolahan bahan pustaka yang meliputi inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi, terakhir penyusunan buku-buku.Pengorganisasian layanan dengan pengelola perpustakaan hanya memiliki 2 SDM yakni kepala perpustakaan dan satu staf perpustakaan.Dimana tugas dari kepala perpustakaan memiliki tugas yakni membuat rencana program kerja, memantau pelaksanaan kerja, pengadaan koleksi, melayani pengguna perpustakaan, mengevaluasi dan membuat laporan.Sedangkan staf perpustakaan memiliki tugas yakni pada bagian pelayanan administrasi, bagian pelayanan teknis, dan bagian pelayanan pembaca.Pelaksanaan layanan yang dilakukan di perpustakaan SMA Negeri 9 Makassar yakni dimulai dari penetapan jam layanan perpustakaan 8 jam perhari dimulai dari jam 07:30-16:00wita, yang menggunakan system terbuka dan hanya menggunakan layanan sirkulasi yakni peminjaman buku dan pengembalian buku. Pengawasan di perpustakaan SMA Negeri 9 Makassar yakni pengawasan antara kepala sekolah dengan kepala perpustakaan melalui pemantauan secara langsung datang keperpustakaan atau memanggil kepala perpustakaan untuk menanyakan perihal kondisi perpustakaan,dan pengawasan antara kepala perpustakaan dengan pustakawan melalui kegiatan sehari-hari yang selalu dipantau secara langsung.Evaluasi layanan di perpustakaan SMA Negeri 9 Makassar berupa pelaporan yang dilakukan dibawah tanggung jawab kepala perpustakaan yang dilaporkan dalam jangka waktu pertriwulan dan pertahunnya.Pelaporan ini berkaitan dengan keadaan perpustakaan, pendanaan, sarana dan prasarananya, ketersediaan buku, dan sirkulasi bahan pustaka. Kata kunci: manajemen, layanan perpustakaan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 05:42
Last Modified: 24 Jun 2022 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23500

Actions (login required)

View Item View Item