Gambaran Pencapaian Identitas Cosplayer

Iqram, Muhammad (2016) Gambaran Pencapaian Identitas Cosplayer. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muhammad Iqram.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Muhammad Iqram, Lukman & Nurfitriany Fakhry. 2016. Gambaran Pencapaian Identitas Cosplayer. Skripsi. Makassar: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Budaya populer yang berkembang di Indonesia saat ini adalah budaya populer Jepang. Budaya populer yang banyak diminati salah satunya adalah cosplay. Peminat cosplay banyak dari kalangan remaja. Masa remaja merupaka masa dimana proses pembentukan identitas diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pencapaian identitas dan faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini melibatkan 3 subjek yang semuanya merupakan cosplayer. Metode yang dipakai dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pencapaian identitas tiap subjek berbeda-beda. Subjek pertama memiliki status identitas foreclosure pada domain identitas pendidikan/pekerjaan dan domain hubungan teman sebaya serta status identitas achievement pada domain seksualitas. Subjek kedua memiliki status identitas achievement pada ketiga domain identitas. Subjek ketiga memiliki status identitas moratorium pada domain pendidikan/pekerjaan dan seksualitas dan status identitas achievement pada domain hubungan dengan teman sebaya. Kata kunci: Identitas, Pencapaian Identitas, Cosplayer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:08
Last Modified: 05 Apr 2017 04:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item