KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

PUTRI SASQIA (2022) KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Putri Sasqia, 2020. Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Di SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi di bombing oleh Dr. Wahira, M.pd Dan Dra. Sitti Habibah, M.Si; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana gambaran kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di SMA Negeri 9 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di sekolah tersebut. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan tahap pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, presepsi kepala sekolah dalam membaca dan melihat perkembangan di lingkunagn pendidikan di sekitarnya, bentukbentuk kompetensi kewirausahaan kepala sekolah yaitu kompetensi inovasi dan kreativitas bagi pengembangan sekolah kepala sekolah melakukan inovasi dan kreatifitas dengan membangun sinergi dengan pihak eksternal dan internal sekolah yang akan membawa dampak baik untuk perkembangan sekolah khusunya sarana dan prasarana sekolah di luar dari dana bos, Bekerja Keras untuk pengembangan sekolahnya di mana kepala sekolah selalu melibatkan orang – orang yang dibutuhkan tenaga dan pikiranya dalam bermusyawarah, Motivasi yang kuat kepalah sekolah memberikan motivasi dan dorongan kepada bawahanya untuk meperbaiki kinerjanya yang akan mempengaruhi karirnya kedepan, Pantang menyerah kepala sekolah memberikan pemahaman terkait tugas pokok sebagai guru dan juga mental kepala sekolah dalam melakukan segal sesuatu untuk mengembangkan sekolahnya, tidak pernah merasa bosan untuk memperbaiki apa yang masih kurang baik pada guru maupun siswa, kepala sekolah sangat memperhatikan kedisiplinan dan kepala sekolah selalu memonitoring segala kegiatan sekolah, dengan terlaksananya indikatorindikator tersebut kepala sekolah sudah mampu menghasilkan wirausahawan yang sukses karna wirausahawan yang sukses dapat terlaksana jika sudah menjalankan indikato-indikator tersebut. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kompetensi, Kewirausahaan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 05:38
Last Modified: 24 Jun 2022 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23499

Actions (login required)

View Item View Item