MANAJEMEN PEMBINAAN DISIPLIN PESERTA DIDIDI SMK NEGERI 3 BARRU

RUSMIANTI (2022) MANAJEMEN PEMBINAAN DISIPLIN PESERTA DIDIDI SMK NEGERI 3 BARRU.

[img] Text
Rusmianti_1643041021_Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

RUSMIANTI.2020.Manajemen Pembinaan Disiplin Peserta Didik di SMK Negeri 3 Barru. Skripsi dibimbing oleh Dra.Sitti Habibah,M.Si dan Dr.Andi Nurochmah,M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Pembinaan Disiplin Peserta Didik di SMK Negeri 3 Barru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen pembinaan disiplin peserta didik di SMK Negeri 3 Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Manajemen pembinaan disiplin peserta didik di SMK Negeri 3 Barru telah menerapkan perencanaan pembinaan disiplin peserta didik dengan adanya penyusunan tata tertib dalam rangka mendisiplinkan peserta didik dengan melibatkan hampir semua stek holder yang ada di sekolah. Pelaksanaan pembinaan disiplin peserta didik dengan mensosialisasikan tata tertib sekolah pada masa pengenalan lingkungan sekolah dengan menerapkan beberapa teknik pembinaan disiplin peserta didik yaitu teknik inner control dengan cara pemberian keteladanan, penyadaran, pengarahan, pemberian reward agar timbul motivasi dalam diri peserta didik untuk mendisiplinkan dirinya. Kemudian menerapkan teknik eskternal control dengan cara peserta didik mematuhi aturan tata tertib sekolah yang disertai dengan pemberian sanksi apabila terjadi pelanggaran tata tertib sekolah serta melakukan pembinaan disiplin dengan teknik cooverative control yaitu adanya kontrak kerja antara guru dengan peserta didik untuk menegakkan kedisiplinan di dalam kelas. Evaluasi pembinaan disiplin peserta didik telah dilaksanakan setiap akhir tahun pembelajaran dengan pelaporan hasil pelaksanaan program pembinaan disiplin oleh guru bimbingan konseling untuk dilaporkan kepada wakil kepala sekolah bidang kesiswaan kemudian dikoordinasikan ke kepala sekolah untuk dievaluasi. Laporan hasil evaluasi kedisiplinan peserta didik dari segi kehadiran dan ketercapaian KKM didapatkan dalam buku raport untuk mengetahui perkembangan kedisiplinan peserta didik di dalam kelas .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 05:34
Last Modified: 24 Jun 2022 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23498

Actions (login required)

View Item View Item