PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

RIRIN DIWASARI (2022) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI 1643041004- RIRIN DIWASARI - Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhdap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Tamalate.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ririn Diwasari, 2020. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Bachtiar M.Pd, dan Syamsurijal Basri, S.Pd., M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Rumusan masalahnya yaitu (1) Bagaimana Supervisi akademik Kepala Sekolah di SMP Negeri Se-Kecematan Tamalate Kota Makassar, (2) Bagaimana Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecematan Tamalate Kota Makassar, (3) Apakah ada pengaruh antara Supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecematan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran Supervisi akademik Kepala Sekolah di SMP Negeri Se-Kecematan Tamalate Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran Kinerja Guru di SMP Negeri SeKecematan Tamalate Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh antara Supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri SeKecematan Tamalate Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu, kuantitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang berjumlah 278 guru. Teknik penentuan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 72 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran kegiatan supervisi akademik kepala sekolah di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar cenderung sangat efektif, (2) Gambaran kinerja guru di SMP Negeri SeKecamatan Tamalate Kota Makassar cenderung sangat efektif, (3) Terdapat pengaruh yang cenderung signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan nilai t hitung sebesar 4,482 > t 0.235. Kata kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Guru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:27
Last Modified: 24 Jun 2022 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23494

Actions (login required)

View Item View Item