IMPLEMENTASI BUDAYA MADRASAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Luwu)

KHAIRUL IHSAN ARIF (2022) IMPLEMENTASI BUDAYA MADRASAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Luwu).

[img] Text
Skripsi Khairul Ihsan Arif.docx

Download (7MB)

Abstract

Khairul Ihsan Arif, 2020. Implementasi Budaya Madrasah dalam Perspektif Pendidikan Karakter (Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Luwu). Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Ansar, M.Si dan Dr. Muh. Ardiansyah, S.IP, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian inimengkaji tentang implementasi budaya madrasah dalam perspektif pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Luwumelalui pendekatan struktural dan pendekatan kultural. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiserta mendeskripsikan implementasi budaya madrasah dalam perspektif pendidikan karakter.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Luwu. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, koordinator kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter terintegrasi dari berbagai aspek struktural. Pemanfaatan unsur-unsur fungsional struktural dalam menyelenggarakan pendidikan karakter menjadi upaya dalam melakukan pengawasan dan bimbingan terhadap perkembangan budaya madrasah dalam hal ini berkaitan dengan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter terhadap warga madrasah, terkhusus pada objek pendidikan yaitu peserta didik. Implementasi budaya madrasah dalam perspektif pendidikan karakter melalui pendekatan kultural yang meliputi perilaku warga madrasah, tradisi, kebiasaan keseharian dan simbol-simbol budaya juga dapat dikatakan sejalan dengan rumusan dari visi, misi dan tujuan madrasah atau pun dengan upaya madrasah dalam membangun budaya yang positif. Perilaku warga madrasah telah diterapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang membudaya akibat pengintegrasian ke dalam setiap aktivitas keseharian dan tradisi warga madrasah melalui upaya pembiasaan. Selain itu budaya madrasah dalam perspektif pendidikan karakter juga terdapat pada hasil budaya yang menjadi simbol-simbol berupa penataan gedung dan ruangan kelas dan pakaian seragam warga madrasah. Kata Kunci: budaya madrasah, struktural, kultural,pendidikan karakter.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:06
Last Modified: 24 Jun 2022 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23489

Actions (login required)

View Item View Item