PENGARUH KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU IPA DI SMP KABUPATEN PANGKEP

ANDI RESKY AMALIA (2022) PENGARUH KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU IPA DI SMP KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
Skripsi 1643041011 Andi Resky Amalia Administrasi Pendidikan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Andi Resky Amalia, 2020. Pengaruh Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru IPA Di SMP Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Wahira M.Pd, dan Sumarlin Mus, S.Pd.,M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus kepada kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA dan kompetensi profesional guru IPA Di SMP Kabupaten Pangkep. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA di SMP Kabupaten Pangkep, (2) Bagaimanakah gambaran kompetensi profesional guru IPA di SMP Kabupaten Pangkep, (3) Apakah ada pengaruh antara kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA terhadap peningkatan kompetensi profesional guru IPA di SMP Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA di SMP Kabupaten Pangkep, (2) mengetahui gambaran kompetensi profesional guru IPA di SMPKabupaten Pangkep, (3) mengetahui apakah ada pengaruh antara kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA terhadap peningkatan kompetensi profesional guru IPA di SMP Kabupaten Pangkep. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru IPA di SMP Kabupaten Pangkep yang berjumlah 140 orang guru. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel adalah 58 orang guru. Alat pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA di SMP Kabupaten pangkep berada pada kategori sangat efektif, (2) Gambaran kompetensi profesional guru IPA di SMP Kabupaten Pangkep berada pada kategori sangat tinggi, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA terhadap peningkatan kompetensi profesional guru IPA di SMP Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:55
Last Modified: 24 Jun 2022 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23486

Actions (login required)

View Item View Item