MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 PAREPARE

KARMILA (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 PAREPARE.

[img] Text
SKRIPSI KARMILA.docx

Download (29MB)

Abstract

KARMILA, 2019. Manajemen Pembelajaran di SMA Negeri 1 Parepare. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Ansar, M.Si dan Drs. Andi Mappincara, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Pembelajaran di SMAN 1 Parepare. Fokus penelitian ini adalah Bagaimanakah Manajemen Pembelajaran di SMAN 1 Parepare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen pembelajaran di SMAN 1 Parepare. Pendekatan dan Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wakasek kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian tentang Manajemen pembelajaran di SMAN 1 Parepare menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Pembelajaran yaitu guru menyusun materi pelajaran yang terdapat dalam RPP dan silabus, metode serta media yang akan digunakan sesuai dengan komptensi inti, kompetensi dasar, sumber belajar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. (2) Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat oleh guru, yang didalamnya terdapat langkah-langkah pembelajaran yang meliputi strategi, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Penilaian Pembelajaran dengan menggunakan instrument penilain meliputi tes lisan, tes tertulis, penugasan dan ada penilaian dalam bentuk keterampilan seperti, praktek dan portofolio. (4) Pengawasan pembelajaran sudah diterapkan pemantauan dimulai dari tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, penilaian dengan mengadakan penelitan tindakan kelas serta mengevaluasi program yang akan dilaksanakan dan sampai pada tahap pelaporan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:25
Last Modified: 24 Jun 2022 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23480

Actions (login required)

View Item View Item