IMPLEMENTASI MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

INDAH PURNAMASARI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI INDAH PURNAMASARI.pdf

Download (7MB)

Abstract

INDAH PURNAMASARI, 2019. Implementasi Manajemen Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Sitti Habibah, M.Si dan Dr. Muh. Ardiansyah, S.IP., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi manajemen layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 11 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 11 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen layanan khusus bimbingan dan konseling di SMA Negeri 11 Makassar sebagai berikut. 1) Perencanaan layanan bimbingan dan konseling telah sesuai dengan Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah yang dikeluarkan oleh Kemendikbud RI (2016) yaitu dilakukan assesmen kebutuhan, pembagian tugas guru bimbingan dan konseling, dan menyusun program tahunan dan semester. 2) Pengorganisasian layanan bimbingan dan konseling belum terjalin kerjasama yang baik antar pihak-pihak terkait layanan bimbingan dan konseling. 3) Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling belum maksimal dikarenakan rasio guru bk dan peserta didik yang tidak seimbang dan tidak adanya jam khusus untuk mengajar di kelas sehingga pelaksanaannya terkadang masih bersifat insidental. 4) Pengawasan dan evaluasi layanan bimbingan dan konseling, kepala sekolah melakukan pengawasan langsung kepada guru bimbingan dan konseling saat dilakukan kegiatan pelayanan dan evaluasi digunakan untuk menilai keberhasilan program layanan per kegiatan maupun pelaksanaan program layanan secara keseluruhan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:42
Last Modified: 24 Jun 2022 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23476

Actions (login required)

View Item View Item