PENGELOLAAN KELAS DALAM MENUNJANG KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI SD 31 MAROSKECAMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS

KARTINA (2022) PENGELOLAAN KELAS DALAM MENUNJANG KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI SD 31 MAROSKECAMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
01 SAMPUL AWAL.docx

Download (44kB)
[img] Text
02 awalan - for merge.docx

Download (1MB)
[img] Text
03 BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
04 BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
09 KISI KISI.docx

Download (17kB)
[img] Text
10 PEDOMAN WAWANCAR1.docx

Download (17kB)
[img] Text
12 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
11 Reduksi Data.docx

Download (30kB)
[img] Text
14 RIWAYAT HIDUP (1).docx

Download (38kB)

Abstract

Kartina. 2019. StudiPengelolaan Kelas Dalam Menunjang Keefektifan Pembelajaran di SD 31 Maros Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbingoleh Dr. Wahira, M.Pd, dan Andi Wahed, S.Pd.,M.Pd; JurusanAdministrasiPendidikan S1 FakultasIlmuPendidikanUniversitas Makassar. PenelitianinimengkajitentangPengelolaan kelas dalam menunjang keefektifan pembelajaran di SD 31 Maros Kecamatan Turikale Kabupaten Maros.Fokuspenelitianiniadalah bagaimana pengelolaan kelas dalam pembelajaran di SD 31 Maros kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas dalam pembelajaran di SD 31 Maros Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data,penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Keterampilan menciptakan kondisi belajar dilaksanakan dengan memperhatikan tingkah laku peserta didik ketika berada di dalam kelas dengan menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian,memusatkan perhatian kelompok, memberikan petunjuk yang jelas, menegur, dan memberikan penguatan. 2) Keterampilan memulihkan kondisi belajar di terapkan dengan baik untuk menciptakan kondisi belajar yang efektif didalam kelas dengan memodifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok, dan menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah. Guru harus lihai melihat keadaan dan mengatur peserta didik ketika berada dalam kelas di SD 31 Maros Kecamatan Turikale Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:42
Last Modified: 23 Jun 2022 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23461

Actions (login required)

View Item View Item