MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MENUNJANG IKLIM SEKOLAH DI SD NEGERI TANGGUL PATOMPO I MAKASSAR

ROSIKA INDRI KARADONA (2022) MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MENUNJANG IKLIM SEKOLAH DI SD NEGERI TANGGUL PATOMPO I MAKASSAR.

[img] Text
ROSIKA INDRI KARADONA _1543040007 .docx

Download (8MB)

Abstract

ROSIKA INDRI KARADONA, 2019. Manajemen Program Adiwiyata dalam Menunjang Iklim Sekolah di SD Negeri Tanggul Patompo I Makassar dibimbing oleh Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd dan Andi Wahed, S.Pd.,M.Pd.Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus penelitian ini ialah mengungkap Manajemen Program Adiwiyata dalam Menunjang Iklim Sekolah SD Negeri Tanggul Patompo I Makassar melalui gambaran Program Adiwiyata dari 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam terhadap data yang dtemukan dan dihadapi peneliti. Sumber data yang peneliti peroleh yaitu kepala sekolah, penanggung jawab Program Adiwiyata, dan beberapa guru sebagai informan. Teknik pengumpulan data dengan metode obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti lakukan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Gambaran manajemen Program Adiwiyata di SD Negeri Tanggul Patompo I Makassar dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu 4 fungsi manajemen sebagai berikut: 1) perencanaan Program Adiwiyata melalui kebijakan sekolah yaitu kurikulum berbasis lingkungan hidup, dukungan anggaran Program Adiwiyata, penyiapan SDM, dan penyedian sarana dan prasarana Adiwiyata, 2) Pengorganisasian Program Adiwiyata melalui struktur pembagian tugas dan penempatan sumber daya manusia (SDM), 3) Pengimplementasian Program Adiwiyata melalui kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan, 4) Pengawasan Program Adiwiyata dilakukan secara monitoring oleh kepala sekolah, ketua Program Adiwiyata, dan seluruh guru sekolah, dengan sama-sama mengawal aktualisasi Program Adiwiyata.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:27
Last Modified: 23 Jun 2022 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23457

Actions (login required)

View Item View Item