MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS (STUDI LAYANAN KHUSUS PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 POLEWALI)

SITTI AMINAH SEMI (2022) MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS (STUDI LAYANAN KHUSUS PERPUSTAKAAN DI SMK NEGERI 1 POLEWALI).

[img] Text
1543041021_St Aminah Semi.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sitti Aminah Semi. 2019. Manajemen Layanan Khusus (Studi Layanan Khusus Perpustakaan Di Smk Negeri 1 Polewali). Penyusunan skripsi dibimbing oleh Dr. Ratmawati T, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Layanan Khusus (Studi Layanan Khusus Perpustakaan Di Smk Negeri 1 Polewali). Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah layanan langsung (Sirkulasi) di Perpustakaan SMKN 1 Polewali; (2) Bagaimanakah layanan tidak langsung (Teknis) di Perpustakaan di SMKN 1 Polewali; (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi dalam Pelaksanaan layanan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Polewali. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah (1) Mengetahui layanan langsung (Sirkulasi) di Perpustakaan SMKN 1 Polewali; (2) Mengetahui layanan tidak langsung (Teknis) di Perpustakaan di SMKN 1 Polewali; (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi dalam Pelaksanaan layanan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Polewali. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah,Pustakawan, Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui Reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan Layanan langsung yang diterapkan di SMK Negeri 1 Polewali yang meliputi layanan peminjaman buku masih belum terlaksana secara efektif; (2) layanan tidak langsung yang meliputi kerjasama dan pembinaan minat baca sudah dilakukan seoptimal mungkin; (3)Faktor pendukung dalam layanan perpustakaan yaitu sekolah memiliki tenaga perpustakaan yang merupakan alumni jurusan perpustakaan, pustakawan bekerja sama dengan para guru dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan, kebijakan mewajibkan siswa untuk membaca buku sebelum memulai pelajaran, menyediakan fasilitas wifi dan bersikap ramah kepada siswa yang berkunjung ke perpustakaan, faktor penghambat dalam pelayanan perpustakaan yakni kekurangan buku koleksi perpustakaan, kekurangan tenaga pustakawan, kurangnya hubungan komunikasi antara guru dan siswa yang lainnya, siswa kurang minat untuk membaca, letak gedung yang kurang tepat karena sulit dijangkau oleh siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:13
Last Modified: 23 Jun 2022 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item