MANAJEMEN PEMBELAJARAN KARAKTERSISWA KELAS XI DI SMA PESANTREN BUQ’ATUN MUBARAKAH MAKASSAR

SITTI HAJAR (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KARAKTERSISWA KELAS XI DI SMA PESANTREN BUQ’ATUN MUBARAKAH MAKASSAR.

[img] Text
Sitti Hajar 1543041024.docx

Download (5MB)

Abstract

SITTI HAJAR, 2019, Manajemen Pembelajaran Karakter Siswa Kelas XI SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Ratmawati T, M.Pd dan Dr. Wahira M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang ,Manajemen Pembelajaran Karakter (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar). Fokus Penelitian adalah pada bagian perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian pembelajaran karakter pada siswa kelas XI SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian pembelajaran karakter pada siswa kelas XI SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian meliputi Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum, Guru mata pelajaran PAI dan PKN, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajarankarakter siswa kelas XI SMA Pesantren Buq,atun Mubarakah Makassar sudah cukup baik dengan hasil sebagai berikut. 1) Perencanaan pembelajaran karakter dengan menggunakan silabus dan RPP berkarakter pada setiap mata pelajaran. Di dalam silabus dan RPP telah dipoinkan secara khusus pada KI-1 dan KI-2 yang menekankan pada pembentukan karakter siswa khususnya karakter religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab. 2) Pelaksanaan pembelajaran karakter religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran di kelas dengan menyelipkannya pada setiap materi pelajaran berdasarkan pada silabus dan RPP yang telah dibuat sebelumnya. 3) Evaluasi pembelajaran karakter menggunakan instrumen penilaian spiritual dan instrumen penilaian sikap. Penilaian spiritual siswa diambil dengan melihat bagaimana pelaksanaan ibadah siswa kepada tuhan dan keyakinan terhadap agama yang dianutnya, sedangkan penilaian sikap diambil dengan observasi guru ketika materi pelajaran berlangsun

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:34
Last Modified: 23 Jun 2022 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item View Item