MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 PAPALANG KABUPATEN MAMUJU

WAHYUDIANTO (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 PAPALANG KABUPATEN MAMUJU.

[img] Text
SKRIPSI WAHYUDIANTO_1543040011.pdf

Download (58MB)

Abstract

Wahyudianto, 2019. Manajemen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju. Skn'psi dibimbing oleh Bapak Dr. H. Ansar, M.Si. dan Ibu Dr. Ratmawati T, M.Pd._Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju. Fokus penelitian ialah mengungkapkan manajemen pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013. Pendekatan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, sumber data penelitian ini ialah kepala sekolah dan Guru dan analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman. Aktualisasi penerapan kun'kulum 2013 mewujud dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis kun'kulum 2013 di SMP Negeri 3 Papalang dilakukan dengan mengakaji silabus, kemudian menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu dengan merumuskan kompetensi inti yang kemudian diuraikan kedalam kompetensi dasar dan diuraikan lagi ke Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan kegiatan pembelajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan alokasi waktu, dan menentukan sumber belajar. Dalam mengembangkan RPP guru tidak lagi hanya berpatokan pada silabus tetapi guru dapat menggunakan buku pegangan yang didapatkan dan" pemerintah. (2) dalam pelaksanaan pembelajaran guru berusaha mengikuti prosedur dan pedoman menjalankan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dan menggunakan metode pembelajaran yang beragam dalam setiap pembelajaran agar tercapai ketiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan mengacu pada RPP yang telah dibuat. (3) Evaluasi pembelajaran berbasis kun'kulum 2013 di SMP Negeri 3 Papalang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengolahan hasil, tahap tindak lanjut. Sedangkan penilain hasil belajar didasarkan pada ketiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan pada saat proses belajar mengajar. Dalam penilaian sikap lebih ditekankan pada guru mata pelajaran PKN dan PAI. Dikutikulum 2013 ini aspek sikap menjadi penilaian utama bagi guru untuk menilai siswa apakah lulus atau tidak. Kemudian, bagi siswa yang tidak mencapai standar nilai yang ditentukan maka akan dilakukan remedial yang disesuaikan dengan kemampuan siswa tersebut.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:13
Last Modified: 22 Jun 2022 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23438

Actions (login required)

View Item View Item