PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

GUSTINA (2022) PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

GUSTINA, 2019. Pemanfaatan Learning Management System (LMS) di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Ed. Faridah, S.T., M.Sc dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Pemanfaatan Learning Management System di Jurusan Administari Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi fitur-fitur Learning Management System, pemanfaatan Learning Management System di Jurusan Administrasi pendidkan, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Learning Management System. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan survei awal, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 83,65% mahasiswa sudah mengenal LMS dari 104 responden, dari banyaknya yang sudah mengenal LMS, mahasiswa membuktikan bahwa hanya sebagian kecil dosen yang menggunakan LMS, meskipun demikian LMS disadari sangat membantu proses pembelajaran dan mudah dimengerti. Dari fitur LMS, dosen menggunakan dua fitur dari manajemen aktivitas yaitu assigment dan quiz. Fitur-fitur yang ada di LMS dianggap sangat membantu proses pembelajaran. Pengalaman dosen dan mahasiswa menggunakan LMS yaitu mahasiswa kurang memberikan umpan balik saat proses pembelajaran online, dosen dan mahasiswa mengutamakan tatap muka daripada LMS. Kemudian Efektif, efisien dan inovatifnya LMS didukung oleh desain dan strategi dosen yang menggunakannya serta penyedian akses yang ada di kampus FIP belum merata dan akses point mahasiswa masih kesulitan. Dari kebiasaan belajar mengajar LMS yaitu ketika tidak bisa tatap muka dengan mahasiswa masih jarang dilakukan. serta banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh LMS dan kekurangan yang menjadi penghambat pemanfaatan LMS di Jurusan Administrasi pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:37
Last Modified: 22 Jun 2022 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23430

Actions (login required)

View Item View Item