PERSEPSI GURU TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN KEPALA SEKOLAH DI SMPN 2 SAJOANGING KABUPATEN WAJO

ELVI HARDIANTI (2022) PERSEPSI GURU TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN KEPALA SEKOLAH DI SMPN 2 SAJOANGING KABUPATEN WAJO.

[img] Text
SKRIPSI ELVI FULLLLLLLLLLLLLLL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Elvi Hardianti. 2018. Skripsi. Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah di SMPN 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arismunandar, M. Pd dan Dr. Ed. Faridah, S. T., M. Sc. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah SMPN 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Fokus penelitian ini adalah bagaimana gambaran kompetensi kepribadian kepala sekolah berdasarkan persepsi guru di SMPN 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 wakil kepala sekolah, 3 orang guru yang menerima sertifikasi, dan 1 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kompetensi kepribadian kepala sekolah berdasarkan persepsi guru di SMPN 2 Sajoanging Kabupaten Wajo meliputi: 1). Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah hal ini dibuktikan dengan aktifnya kepala sekolah dalam mengikuti kegiatan seminar, sosialisasi dan pelatihan serta kegiatan MKKS. 2). Mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah ditandai dengan adanya budaya dan tradisi apel pagi serta kegiatan salat zuhur berjamaah setiap hari dan kepala sekolah menjadi teladan karena kedisiplinannya dalam berbagai hal. 3). Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi hal ini terbukti dari keterbukaan kepala sekolah terhadap adanya kritik dan saran serta transparansi anggaran sekolah, dan menginformasikan segala hal kepada seluruh warga sekolah dan stakeholder, akan tetapi bagian ini tidak di dukung dengan adanya bukti yang memadai karena tidak terdokumentasi dengan baik dalam setiap kegiatannya. 4). Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah dibuktikan dengan sikap kepala sekolah yang pantang menyerah, tidak mudah putus asa dalam menghadapi kegagalan serta senantiasa mengambil pelajaran dari suatu kegagalan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:40
Last Modified: 22 Jun 2022 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23429

Actions (login required)

View Item View Item