IMPLEMENTASI BUDAYA PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAMUJU)

APRILYAH NURADHAYANI (2022) IMPLEMENTASI BUDAYA PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAMUJU).

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (9MB)

Abstract

Aprilyah Nuradhayani. 2019. Implementasi Budaya Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mamuju). Skripsi dibimbing oleh Dr. Muh. Ardiansyah, S.IP, M.Pd dan Drs. M. Bachtiar, M.Si. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Budaya Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mamuju). Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi budaya pendidikan karakter yang terintegrasi melalui mata pelajaran di MAN 1 Mamuju, (2) Bagaimana implementasi budaya pendidikan karakter melalui pengembangan diri di MAN 1 Mamuju dan (3) Bagaimana implementasi budaya pendidikan karakter melalui budaya madrasah di MAN 1 Mamuju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Implementasi budaya pendidikan karakter yang terintegrasi melalui mata pelajaran di MAN 1 Mamuju, (2) Implementasi budaya pendidikan karakter melalui pengembangan diri di MAN 1 Mamuju, dan (3) Implementasi budaya pendidikan karakter melalui budaya madrasah di MAN 1 Mamuju. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah kurikulum, wakil kepala madrasah kesiswaan, guru, pembina esktrakurikuler dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang implementasi budaya pendidikan karakter di MAN 1 Mamuju menunjukkan bahwa: (1) Implementasi budaya pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran yaitu guru-guru memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam silabus dan RPP yang disebut KI-1 (spiritual) dan KI-2 (sikap sosial) serta menerapkan nilai-nilai karakter tersebut ke dalam proses pembelajaran, kemudian mengevaluasi hasil belajar siswa melalui aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap spiritual dan sikap sosial. (2) Implementasi budaya pendidikan karakter melalui pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan esktrakurikuler di sekolah meliputi kegiatan pramuka, palang merah remaja, paskibra, pusat informasi dan konseling remaja, olahraga, seni tari, karya ilmiah dan jurnalistik, marawis dan baca tulis Qur’an. Melalui kegiatan ekstrakurikuler beberapa nilai karakter telah terwujud. (3) Implementasi budaya pendidikan karakter melalui budaya sekolah yaitu dilakukan dengan pembiasaan rutin dan spontan. Melalui pembiasaan tersebut beberapa nilai karakter telah terwujud.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:44
Last Modified: 21 Jun 2022 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23415

Actions (login required)

View Item View Item