MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR

GITA IRAWANDA (2022) MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR.

[img] Text
Gita Irawanda - Skripsi Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat.docx

Download (25MB)

Abstract

Gita Irawanda, 2019.Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat di SMK Negeri 3 Makassar.Skripsi dibimbing oleh Dra. Sitti Habibah, M.Si. dan Drs. M. Bachtiar, M.Si. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di SMK Negeri 3 Makassar. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen hubungan sekolah dan masyarakat yang meliputi: 1) perencanaan humas; 2) pelaksanaan humas; dan 3) evaluasi. Tujun penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka humas dan hubin, pegawai humas dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan humas SMK Negeri 3 Makassar dilakukan secara sistematis, yaitu wakasek humas dan hubin melakukan rapat internal, kemudian rancangan program kerja dikoordinasikan bersama ketua-ketua jurusan sebelum dikoordinasikan ke kepala sekolah, dan memaparkan pada saat rapat kerja sekolah, setelah itu melakukan persiapan-persiapan seiringan dengan menetapkan panitia pelaksanauntuk mengadakan pelaksanaan program; 2) pelaksanaan humas SMK Negeri 3 Makassar berfokus pada kegiatan prakerin siswa, selain itu humas juga melaksanakan kegiatan secara internal dan eksternal seperti rapat dewan guru, upacara sekolah, penyampaian informasi melalui surat edaran yang di kirim melalui grup whatsapp sekolah, penggunaan papan pengumuman sekolah, sertamelayani kunjungan tamu; 3) evaluasi humas SMK Negeri 3 Makassar dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dalam rapat bulanan, evaluasi per triwulan dan evaluasi pada akhir kegiatan. Evaluasi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas dari dinas provinsi dengan memerhatikan elemen-elemen evaluasi, yaitu penentuan fokus yang akan dievaluasi; penyusunan desain evaluasi; pengumpulan informasi; serta evaluasi untuk evaluasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:39
Last Modified: 21 Jun 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23414

Actions (login required)

View Item View Item