MANAJEMEN PEMBELAJARAN KARAKTER DI SMA PESANTREN PUTERI UMMUL MUKMININ MAKASSAR

FATIMAH AZZAHRA. M (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KARAKTER DI SMA PESANTREN PUTERI UMMUL MUKMININ MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (53kB)
[img] Text
2. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (321kB)
[img] Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (328kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. Moto dan Peruntukan.docx

Download (36kB)
[img] Text
6. Abstrak.docx

Download (37kB)
[img] Text
7. Prakata.docx

Download (42kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.docx

Download (37kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.docx

Download (34kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.docx

Download (34kB)
[img] Text
12. Bab I, II, III.docx

Download (89kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.docx

Download (38kB)
[img] Text
16. Lampran 1.docx

Download (35kB)
[img] Text
17. Lampiran 2.docx

Download (33kB)
[img] Text
22. Riwayat Hidup.docx

Download (5MB)

Abstract

Fatimah Azzahra M. 2018. Manajemen Pembelajaran Karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Wahira, M. Pd. dan Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah perencanaan pembelajaran karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar, (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar, (3) bagaimanakah evaluasi pembelajaran karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar, (2) Pelaksanaan pembelajaran karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar, (3) Evaluasi pembelajaran karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 4 orang guru dan 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Manajemen pembelajaran karakter di SMA Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar memiliki ciri khas dengan menggunakan silabus dan RPP berkarakter, kemudian menerapkan nilai-nilai karakter religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran di kelas, dan menggunakan instrumen penilaian spiritual dan instrumen penilaian sikap dalam menilai karakter siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:35
Last Modified: 21 Jun 2022 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23413

Actions (login required)

View Item View Item