MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 10 GOWA

ST. BENITA ARYANI, (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 10 GOWA.

[img] Text
Skripsi FULL SIAP.docx

Download (2MB)

Abstract

ST. BENITA ARYANI, 2019. Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMA Negeri 10 Gowa. Skripsi dibimbing oleh Ibu Dr. Wahira, M.Pd dan Bapak Andi Wahed, S.Pd.,M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentangManajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMA Negeri 10 Gowa. Fokus penelitian ialah mengungkapkan manajemen pembelajaran kurikulum 2013 danfaktor pendukung maupun faktor penghambat dalam manajemen pembelajaran kurikulum 2013. Pendekatan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, sumber data penelitian ini ialah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, 3 orang Guru dan analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman. Aktualisasi penerapan kurikulum 2013 mawujud dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran SMA Negeri 10 Gowa dilakukan dengan mengakaji silabus yang berdasarkan pada standar isi, menyusun perangkat pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, penyediaan media ataupun sumber belajar dengan memperhatikan penyusunan komponen pada KD,masih ada guru yang kebingungan dalam merencanakan penerapan pendekatan saintifik. (2) dalam pelaksanaan pembelajaran guru berusaha mengikuti prosedur dan pedoman menjalankan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik agar tercapai ketiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan mengacu pada RPP yang telah dibuat. Kendala pada kegiatan mengolah informasi dan mengkomunikasikan, buku penunjang materi beberapa mata pelajaran yang terbatas, dan kurang aktif peserta didik. (3) Evaluasi pembelajaran atau penilaian proses pembelajaran dilakukan dengan penilaian autentik berdasarkan ketiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan pada saat proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik penilaian tes tertulis, penilaian proyek, penilaian produk, kumpulan hasil peserta didik (portofolio) dan penugasan. Kendala yang dihadapi ialah tidak adanya format penilaian sikap yang ditetapkan, dalam pembuatannya dilakukan sesuai dengan kesepakatan dan ditugaskan hanya pada guru PKN dan PAI.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:57
Last Modified: 20 Jun 2022 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item