MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR

MUHAMMAD IQBAL NUR (2022) MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (31kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpeg

Download (279kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK DKK.doc

Download (553kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
02. LEMBAR OBSERVASI.docx

Download (20kB)
[img] Text
08. DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (8MB)
[img] Text
09. RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx

Download (37kB)

Abstract

Muhammad Iqbal Nur. 2018 Skripsi. Manajemen Strategik Kepala Sekolah di SMA Negeri 12 Makassar. Dibimbing oleh Dra. Nirmala S. Pd, M. Si dan Dr. H. Ansar, M. Si Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimana manajemen strategik kepala sekolah di SMA Negeri 12 Makassar. Fokus penelitian ini Bagaimanakah gambaran manajemen strategik kepala sekolah di SMA Negeri 12 Makassar?. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen strategik kepala sekolah di SMA Negeri 12 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan 2 orang guru. Alat pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategik kepala sekolah di SMA Negeri 12 Makassar menerapkan 3 proses manajemen strategik (1). Penetapan strategik (pengembangan misi dan tujuan jangka panjang, pengindentifikasian peluang dan ancaman dari luar serta kekuatan dan kelemahan sekolah atau organisasi, pengembangan alternatif-alternatif strategi dan penentuan strategi yang sesuai untuk diadopsi.), (2) Penerapan strategik (penentuan sasaran - sasaran operasional tahunan, kebijakan sekolah atau organisasi, memotivasi karyawan dan mengalokasikan sumber-sumber daya agar strategi yang telah ditetapkan dapat diimplementasikan), (3) Evaluasi dan kontrol strategik (mencakup usaha - usaha untuk memonitor seluruh hasil dari pembuatan dan penerapan strategi, termasuk mengukur kinerja individu dan sekolah serta mengambil langkah - langkah perbaikan jika diperlukan.).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:39
Last Modified: 20 Jun 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23403

Actions (login required)

View Item View Item