Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru SMA NEGERI 1 BANTAENG KEC. BISSAPPU KAB. BANTAENG.

LUTFIANI MUTMAINNA (2022) Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru SMA NEGERI 1 BANTAENG KEC. BISSAPPU KAB. BANTAENG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.docx

Download (23kB)
[img] Text
DOKUMENTASI lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (52kB)

Abstract

LutfianiMutmainna. 2018 PelaksanaanSupervisiKlinisKepalaSekolahdalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Di SMA Negeri 1 BantaengKabupatenBantaeng.Skripsidibimbingoleh Drs. M. Bachtiar, M.Si dan Dr. AndiNurochmah, M.Pd.AdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Makassar. PenelitianinimengkajitentangpelaksanaansupervisikliniskepalasekolahSMA Negeri 1 BantaengKabupatenBantaeng.Fokuspenelitianiniadalahbagaimanakahpelaksanaansupervisikliniskepalasekolah SMA Negeri 1 BantaengKabupaten Bantaeng. berdasarkanfokuspenelitiantersebut, penelitianinibertujuanuntukmengetahuibentukpelaksanaansupervisikliniskepalasekolah SMA Negeri 1 BantaengKabupatenBantaeng, mulai dari tahap pertemuan pendahuluan, observasi kelas, dan diskusi balikan.Pendekatanpenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif, yaituberusahamenggambarkanfenomena yang ditelitidalambentukdeskriptif.Unit analisisdalampenelitianiniadalahkepalasekolahdanguru kelas yang pernah melakukan supervisi klinisberjumlahtiga orang.Teknikpengumpulan data adalahwawancaradandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa,Pelaksanaansupervisiklinis di SMA Negeri 1 Bantaengmulai dari pertemuan pendahuluan,observasi kelas, dan tindak lanjut sudah terlaksana dengan cukup baik, karena masih ada beberapa guru yang merespon baik akan manfaat yang didapatkan dari supervisi klinis ini namun masih banyak pula guru yang merespon buruk akan pelaksanaan supervisi klinis ini, karena menilai bahwa pelaksanaan supervisi akan menilai kinerja mengajar mereka. maka dari perlu adanya sosialisasi yang mendalam yang diberikan oleh guru agar mereka mengetahui tujuan supervisi klinis yang sebenarnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2022 06:54
Last Modified: 15 Jun 2022 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23384

Actions (login required)

View Item View Item