PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD INPRES TANTU KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

NURFADILLAH (2022) PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SD INPRES TANTU KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
NURFADILLAH.docx

Download (9MB)

Abstract

NURFADILLAH, 2019. Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Di SD Inpres Tantu Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd danAndi Wahed, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah di SD Inpres Tantu Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran manajerial kepala sekolah pada keterampilan konsep, (2) Bagaimana peran manajerial kepala sekolah pada keterampilan teknis yang meliputi: Perencanaan, pengaturan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian, (3) Bagaimana peran manajerial kepala sekolah pada kemampuan membangun hubungan yang berkaitan motivasi dan semangat/moral. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru agama, dan guru olahraga. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian tentang Peran manajerial kepala sekolah dalam peningkatan mutu sekolah di SD Inpres tantu kecamatan duampanua kabupaten pinrang menunjukkan bahwa: (1) Peran manajerial kepala sekolah pada keterampilan konsep yaitu menyusun visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah (2) Peran manajerial kepala sekolah pada keterampilan teknis yang meliputi: Perencanaan yaitu posisi kepala sekolah sebagai koordinator kemudian menyusun perencanaan program dan mendiskusikan bersama dengan para pelaku yang berkepentingan dan guru. Pengaturan yaitu dengan memberikan pengarahan, dan melaksanakan pengembangan dan pengelolaan. Koordinasi yaitu kepala sekolah bersama stakeholder dan guru serta bawahan. Pengawasan yaitu melakukan pengawasan secara langsung dan tidak langsung serta melakukan penilaian diri. Pengendalian yaitu melakukan evaluasi dan memberikan tindak lanjut sebagai tindakan koreksi. (3) Peran manajerial kepala sekolah pada kemampuan membangun hubungan yang meliputi: motivasi yaitu dengan cara memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi serta menanamkan semangat kerja. Semangat/Moral yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik serta memberikan sikap terpuji dan contoh yang baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2022 06:32
Last Modified: 15 Jun 2022 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23382

Actions (login required)

View Item View Item