UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 2 WAJO

RESKI AMALIAH (2022) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 2 WAJO.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (877kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (107kB)
[img] Text
BAB tiga.docx

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (31kB)

Abstract

RESKI AMALIAH,2018, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 2 Wajo. Skripsi ini dibimbing oleh Dr.H. Ansar, M.Sidan Andi Wahed, S.Pd., M.Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 2 Wajo. Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme gurunya, serta faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatan profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Wajo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dekskriptif. Unit analisis dalam peneltian ini adalah Kepala sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitianmenyimpulkanbahwaUpaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru dilakukan dengan 1) mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP/KKG,kegiatan ini dilakukan pada setiap jenjang jabatan, dalam kurung waktu 1 tahun guru dapat mengikuti kegiatan ini paling sedikit 12 kali pertemuan, dan iikuti dalam beberapa paket, kemudian setelah kegiatan di tindaklanjuti oleh kepala sekolah. 2)Melalui pendidikan dan pelatihan, kepala sekolah memberikan surat ijin belajar untuk guru yang ingin melanjutkan studinya dan merekomendasikan guru-guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan. 3)Pemberian motivasi kerja,kepala sekolah memberikan motivasi secara langsung dengan membeikan penghargaan berupa pujian dan secara tidak langsung dengan memberikan fasilitas penunjang pembelajaran. 4) Melalui supervisi akademik. supervisi akademik yang dilakukan secara terstruktur dimulai dari perencanaan dengan menetapkan tujuan, pelaksanaan dengan kunjungan kelas, melakukan evaluasi dan tindaklanjut dengan membimbing langsung dan atau memberdayakan guru model.Faktor yang menjadi pendukung peningkatan profesionalisme guru terdiri dari pembinaan disiplin tenaga kependidikan, pemberian motivasi baik dalam rapat maupun pemberian secara individu dilingkungan sekolah, penghargaan berupa pujian. Faktor penghambat yaitu kurang daya inovasi,ketidakpedulian terhadap berbagai perkembangan (masih ada beberapa guru yang menggunakan metode pembelajaran tradisonal).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2022 06:10
Last Modified: 15 Jun 2022 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23380

Actions (login required)

View Item View Item