ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI (Studi kasus di SMP Negeri. 3 Galesong Selatan)

Rahmawati, Rahmawati and TOLLA, ISMAIL and Ardiansyah, Muhammad (2022) ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI (Studi kasus di SMP Negeri. 3 Galesong Selatan). S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Rahmawati(201051401015).pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Analisi peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi (studi kasus di SMP Negeri 3 Galesong Selatan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta mengungkap peran kepala sekolah, dan kinerja guru, serta mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi di SMP Negeri 3 Galesong selatan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan tenaga kependidikan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peran kepala sekolah di SMP Negeri 3 Galesong Selatan sudah baik dengan peran sebagai supervisor, pemimpin, innovator, motivator, Kinerja guru SMP Negeri 3 Galesong selatan juga barada pada kategori baik berdasarkan dokumen kinerja guru. Faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi adalah kepala sekolah dengan menyediakan berbegai fasilitas, kemudian pemberian dorongan dan motivasi kepada gurunya agar terus penambah pengetahuan mereka, serta ikut menemani bahkan menginap bersama dengan guru, agar peningkatan kinerja tercapai, faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja pada masa pandemi adalah kepala sekolah merasa kesulitan dalam mengembangkan pengetahuan guru yang sudah memasuki masa pensiun karena mereka berada pada pola pikir sulit untuk mengikuti perkembangan teknologi. Kata kunci : Peran Kepala sekolah, Kinerja guru, Masa Pandemi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jun 2022 05:37
Last Modified: 29 Jun 2022 04:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23378

Actions (login required)

View Item View Item