KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI MINASA UPA KOTA MAKASSAR (Studi Perencanaan Sekolah dan Pendayagunaan Sumber Daya Sekolah)

AYU REZKIA EKA PUTRI (2022) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI MINASA UPA KOTA MAKASSAR (Studi Perencanaan Sekolah dan Pendayagunaan Sumber Daya Sekolah).

[img] Text
skripsi sunarti.pdf

Download (2MB)

Abstract

AYU REZKIA EKA PUTRI, 2018. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar (Studi Perencanaan Sekolah dan Pendayagunaan Sumber Daya Sekolah). Skripsi. Dibimbing oleh Drs. A. Mappincara, M.Pd, dan Dr. Wahira, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi manajerial kepala sekolah di SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar (Studi Perencanaan Sekolah dan Pendayagunaan Sumber Daya Sekolah). Fokus dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana gambaran kompetensi manajerial kepala sekolah menyusun rencana sekolah, 2) bagaimana gambaran kompetensi manajeial kepala sekolah memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui gambaran kompetensi manajerial kepala sekolah menyusun rencana sekolah 2) mengetahui gambaran kompetensi kepala sekolah memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua orang guru kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kompetensi manajerial kepala sekolah SD Negeri Minasa Upa dalam menyusun rencana sekolah sudah melibatkan seluruh warga sekolah dan juga sesuai dengan prosedur penyusunan rencana sekolah. Selanjutnya gambaran kompetensi manajerial dalam memimpin sekolah dalam pendayagunaan sumber daya sekolah, kepala sekolah menerapkan sikap saling terbuka, siap menerima kritikan dan mengembangkan keterampilan profesional guru melalui pelatihan-pelatihan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:34
Last Modified: 09 Jun 2022 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23358

Actions (login required)

View Item View Item