PELAKASANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 48 BONTOKAPETTA KABUPATEN MAROS

SUHARTIKA (2022) PELAKASANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 48 BONTOKAPETTA KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SKRIPSI SUHARTIKA.doc

Download (6MB)

Abstract

SUHARTIKA. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SD Negeri 48 Bontokapaetta Kabupaten Maros”, Skripsi. Di bimbing oleh Prof. Suparlan Suhartono, M.Ed,.Ph.D dan Dr. Andi Cudai Nur, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 48 Bontokapaetta Kabupaten Maros. Subjek penelitian berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 3 guru/pembina ekstarkurikuler dan 1 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang di peroleh dari pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 48 Bontokapetta Kabupaten Maros, meliputi: (1). Pendidikan karakter Religius yang ditandai dengan kegiatan sholat dhuha dan jum’at ibadah bentuk strategi pelaksanaannya berdasarkan visi, misi, program, kurikulum dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembinaan, (2). Nilai sosial yang ditandai dengan kegiatan seni musik, seni tari, pramuka, dan dokter kecil dalam startegi pelaksanaannya berdasarkan visi, misi, program, kurikulum dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembinaan, (3). Nilai lingkungan yang ditandai dengan kegiatan gerakan peduli lingkungan dengan pembiasaan memungu tsampah sebagai wujud cinta lingkungan dalams tartegi pelaksanaannya berdasarkan visi, misi, program, kurikulum dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembinaan, (4). Kreatif, diri yang ditandai dengan kegiatan olahraga, karya ilmiah, dan pengembangan komputer dan strategi pelaksanaannya berdasarkan visi, misi, program, kurikulum dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembinaan. Pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 48 Bontokapetta Kabupaten Maros yang dilakukan guru belum maksimal karena belum tersedianya sarana dan prasarana yang memadai serta waktu pelaksanaan program kegiatan yang sempit sehingga tidak efisien dikarenakan hanya bisa dialakukan pada waktu istirahat saja mengingat di SD Negeri 48 Bontokapetta ini mempunyai beberapa kelas parallel pagi dan siang yang masuk secara bergiliran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:47
Last Modified: 09 Jun 2022 03:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item View Item