STUDI MANAJEMEN PERSONALIA PADA TAMAN KANAK-KANAK ANANDA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA

ARDIANSYAH (2022) STUDI MANAJEMEN PERSONALIA PADA TAMAN KANAK-KANAK ANANDA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SKRIPSI ARDIANSYAH.docx

Download (6MB)

Abstract

Ardiansyah, 2018. Skripsi. Studi Manajemen Personalia Pada Taman Kanak-Kanak Ananda Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Dibimbing oleh Dr. Andi Cudai Nur, M.Si dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menyangkut persoalan guru yang dimana pokok permasalahannya adalah jumlah tenaga pendidik yang masih kurang di TK Ananda. Hal ini berkaitan dengan Manajemen Personalia. Fokus penelitiannya adalah bagaimanakah Manajemen Personalia Pada Taman Kanak-Kanak Ananda Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui Manajemen Personalia Pada Taman Kanak-Kanak Ananda Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 4 diantaranya 1 kepala sekolah dan 3 guru yang telah diketahui melalui wawancara awal dengan kepala sekolah dan 3 guru yang terlibat dalam penelitian ini terkait dengan manajemen personalia TK Ananda. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Personalia Pada Taman Kanak-Kanak Ananda Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan, akan tetapi terdapat beberapa bagian yang dapat ditingkatkan oleh pihak sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dan diketahui dari: 1). Perencanaan, dilakukan perekrutan guru dengan melakukan analisis jabatan dan penerapan kebijakan persyaratan penerimaan calon tenaga pendidik. 2). Pengorganisasian, dilakukan penempatan guru yang sesuai dengan basis pendidikannya dan pemberian persetujuan diikutkannnya guru dalam kegitan MG (Musyawarah Guru) PAUD. 3). Pengarahan dan Pengawasan, dilakukan pemantauan dan pembinaan terkait dengan peningkatan kinerja guru. Serta diilakukan pengawasan langsung dengan diberikan supervisi. 4). Pengembangan, dilakukan pengembangan dengan diikutkannya guru dalam pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan basis pekerjaannya. 5). Kompensasi, diberikan kompensasi dalam bentuk upah/gaji serta penghargaan. Kompensasi diberikan dengan guru puas dan tidak ada yang kompalain. 6). Pengintegrasian, dilakukan kerjasama yang baik dan juga melakukan Human Relationship (hubungan antarmanusia). 7). Pemeliharaan tenaga kerja, mempertahankan guru menjadi betah dan nyaman, serta dilakukan pengoptimalan potensi guru dan membangun kerjasama untuk mencapai tujuan pendidikan sekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:44
Last Modified: 09 Jun 2022 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23347

Actions (login required)

View Item View Item