MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 6 LABAKKANG LAB SCHOOL UNM KEC. LABAKKANG KAB. PANGKEP

A.Nirwana (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 6 LABAKKANG LAB SCHOOL UNM KEC. LABAKKANG KAB. PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (30kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.docx

Download (18kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (23kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
KISI-kisi instrument.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (216kB)

Abstract

A.Nirwana, 2016. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd dan Dr. Ed. Faridah, ST, M.Sc. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan prinsip MBS dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran pada SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM. Berdasarkan fokus penelitian tersebut selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam perspektif MBS ditinjau dari 3 prinsip MBS yaitu otonomi, transparansi, dan partisipasi di SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil reduksi data maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya prinsip manajemen berbasis sekolah yaitu otonomi, transparansi, dan partisipasi maka memberikan kewenangan kepada sekolah dalam mengurus dan mengembangkan kurikulum dan pembelajaran dengan menguatkan ciri khas SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM sekolah berbasis IT, Alam dan Bahasa inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran dengan melibatkan seluruh warga sekolah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan prinsip MBS dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran belum terlaksana dengan optimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:04
Last Modified: 09 Jun 2022 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item