A.Nirwana (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 6 LABAKKANG LAB SCHOOL UNM KEC. LABAKKANG KAB. PANGKEP.
Text
SAMPUL.docx Download (30kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (27kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.docx Download (18kB) |
|
Text
Bab I.docx Download (23kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (18kB) |
|
Text
KISI-kisi instrument.docx Download (16kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (216kB) |
Abstract
A.Nirwana, 2016. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd dan Dr. Ed. Faridah, ST, M.Sc. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan prinsip MBS dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran pada SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM. Berdasarkan fokus penelitian tersebut selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam perspektif MBS ditinjau dari 3 prinsip MBS yaitu otonomi, transparansi, dan partisipasi di SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil reduksi data maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya prinsip manajemen berbasis sekolah yaitu otonomi, transparansi, dan partisipasi maka memberikan kewenangan kepada sekolah dalam mengurus dan mengembangkan kurikulum dan pembelajaran dengan menguatkan ciri khas SMP Negeri 6 Labakkang Lab School UNM sekolah berbasis IT, Alam dan Bahasa inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran dengan melibatkan seluruh warga sekolah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan prinsip MBS dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran belum terlaksana dengan optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:04 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23336 |
Actions (login required)
View Item |