MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 6 LABAKKANG LABSCHOOL UNM KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

HERLINA SANDI (2022) MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 6 LABAKKANG LABSCHOOL UNM KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (78kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (2MB)
[img] Text
INSTRUMEN PENELITIAN.docx

Download (27kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

HERLINA SANDI. 2016. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah di SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd. dan Dr. Ratmawati T, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah di SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah di SMPN 6 Labakkang Labschool UNM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan yang menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua komite, guru dan kepala tata usaha. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemandirian sekolah sudah ditunjukkan dengan kewenangan sekolah dalam hal rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan, pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan serta penilaian pendidik dan tenaga kependidikan yang sepenuhnya menjadi kewenangan kepala sekolah SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM. Partisipasi internal sekolah telah terbangun secara baik dengan sinerginya antar individu warga sekolah maupun dengan masyarakat setempat. Kerjasama eksternal sekolah telah dilakukan dengan pemerintah, masyarakat dalam wadah komite sekolah. Partisipasi masyarakat sekitar lingkungan SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM masih belum banyak terlibat, baik dalam proses rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan, terlebih dalam proses pembinaan dan pengembangan serta penilaian pendidik dan tenaga kependidikan. Keterbukaan sekolah terkait dengan program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam hal ini rekrutmen, pembinaan dan pengembangan serta penilaian pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM sudah bisa dikatakan transparan. Program rekrutmen, pembinaan dan pengembangan serta penilaian pendidik dan tenaga kependidikan selalu dirembukkan bersama-sama warga sekolah. Sekolah melakukan keterbukaan dengan komunikasi langsung, maupun wadah komunikasi dan informasi. Sehingga keterbukaan sekolah memberikan dampak tingginya kepercayaan masyarakat kepada sekolah dalam pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:29
Last Modified: 09 Jun 2022 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item