EFEKTIFITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMPN 27 MAKASSAR

MIRNAWATI (2022) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMPN 27 MAKASSAR.

[img] Text
sampul_dpn_dan_lainlain.docx_filename= UTF-8''sampul dpn dan lainlain.docx

Download (45kB)
[img] Text
daftar isi.doc

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (37kB)
[img] Text
01. Kisi Kisi Instrumet.docx

Download (19kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (525kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (80kB)

Abstract

MIRNAWATI .2016. Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Di SMPN 27 Makassar dengan Skripsi dibimbing oleh Dra Nirmala, S.Pd.,M.Si dan Dra Sitti Habibah, M.Si Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Di SMPN 27 Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SMPN 27 Makassar. Tujuan penelitian Untuk mengetahui Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Di SMPN 27 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data maka data penelitian ini diperoleh dari informan yang menjadi Kepala sekolah dan guru melalui teknik wawancara, dan dokumentasi di SMPN 27 Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi . Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi supervisi akademik di SMP Negeri 27 Makassar yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Negeri 27 Makassar bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tujuan dari program yang dicanangkan telah dicapai serta hal-hal yang sudah dilakukan dan hal-hal yang belum dilaksanakan. Adapun yang di evaluasi mencakup semua aspek yang meliputi hasil, proses dan pelaksanaannya. Selain itu, Kepala Sekolah SMPN 27 Makassar juga mengadakan umpan balik (feedback) dengan guru-guru berkaitan dengan proses pelaksanaan sehingga keterbukaan guru dalam mengungkapkan semua permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:20
Last Modified: 09 Jun 2022 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item