HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNM

Hardiyanti M, Eka (2016) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNM. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Eka Hardiyanti M.docx

Download (13kB)

HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNM Eka Hardiyanti M (ekahartiie@yahoo.com) M. Ahkam (ahkamalwi@yahoo.com) Nur Hidayat Nurdin (dayat20858@yahoo.com) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani, Makassar, 90222 Abstrak Mahasiswa yang aktif berorganisasi dalam mempertahankan prestasi akademik dihadapkan berbagai kesulitan dan tantangan dikarenakan mahasiswa tersebut harus membagi waktu tenaga dan materi. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil prestasi akademik yang mengalami perubahan selama berorganisasi. Oleh karena itu, mahasiswa yang aktif berorganisasi membutuhkan adversity quotient yang tinggi agar mampu menghadapi kesulitan dan tantangan dalam proses perkuliahan dan organisasi, sehingga mendukung dalam hal mempertahankan prestasi akademik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara adversity quotient dan prestasi akademik mahasiswa yang aktif berorganisasi di Fakultas Psikologi UNM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 95 mahasiswa yang aktif berorganisasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji korelasi spearman dengan menggunakan bantuan SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara adversity quotient dan prestasi akademik sebesar 0,250 dengan nilai signifikansi sebesar p = 0,015 (p<0,05). Nilai koefisien korelasi tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan adversity quotient dan prestasi akademik mahasiswa yang aktif berorganisasi di Fakultas Psikologi UNM. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi adversity quotient mahasiswa maka semakin tinggi prestasi akademik yang diperoleh. Peningkatan adversity quotient mahasiswa dapat menjadi salah satu cara agar mahasiswa dapat menjalani kedua peran dengan baik yaitu sebagai pelajar dan aktivis di kampus. Kata kunci: Adversity quotient, Prestasi Akademik, Mahasiswa Organisasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:29
Last Modified: 04 Apr 2017 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item View Item