PENERERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES MACCINI BARU KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

Fadillah, Ria (2022) PENERERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES MACCINI BARU KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI PGSD UNM_1447040056_RIA FADILLAH_2022.pdf

Download (334kB)

Abstract

The Effect of Online Learning on Interest of Student Class V at The Bontorikong Elementary School Bontonompo District Gowa Regency 1 , Hj. Syamsiah 2 , Latri3 1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Indonesia 2 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Indonesia 3 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Indonesia riafadillah@gmail.com , hj.syamsiah@unm.ac,id , latri@unm.ac.id Abstrak Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 (empat) tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini adalah kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar, sedangkan subjek penelitian ini adalah satu guru kelas dan 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru kelas bertindak sebagai observer. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Problem Based Learning hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Maccini Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar meningkat. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:18
Last Modified: 06 Jun 2022 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item View Item